Banjir di Kab. Wonogiri

Banjir pada 8 Maret 2020. Hujan deras dengan durasi lama menyebabkan banjir di beberapa lokasi Kab. Wonogiri antara lain :

Kec. Nguntoronadi : Desa Bulurejo Dusun Karangturi : Luapan sungai Wiroko mengakibatkan banjir yang mengakibatkan 1 bangunan rumah milik Bp. Suratman RT03/05 Dusun Karangturi Desa Bulurejo dan 2 sumur warga terendam.

Kec. Pracimantoro :

  • Desa Joho : Saluran pembuangan air melalui luweng tersumbat dan menyebabkan Dusun Joho Kidul Desa Joho terendam dengan jumlah pengungsi 11 kk 28 jiwa. Penanganan pemulihan telah dilaksanakan sejak pagi sampe malam menggunakan 2 pompa. Kondisi sekarang berangsur surut.
  • Desa Banaran : Hujan deras menyebabkan air sungai mengalir cukup deras shingga jembatan di Dusun Kranding mengalami rusak berat dan tidak bisa dilalui kendaraan. Saat ini kembatan ditutup. Kerugian ditaksir sekitar Rp. 200.000.000,-.
  • Desa Petirsari : Saluran drainase tersumbat mengakibatkan banjir genangan di Dusun Dompol Desa Petirsari dan 2 akses jalan desa tergenang tetapi air belum masuk ke permukiman warga.

Kec. Giriwoyo : Saluran draines tersumbat menyebabkan banjir di Lingkungan Tameng Kel. Girikikis Kec. Giriwoyo mengakibatkan 7 kk dan 14 jiwa terisolir. Kondisi saat ini air sudah mulai surut.

BPBD Kab. Wonogiri melakukan assessmen dan melakukan pengalihan air dengan bantuan pompa besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Skip to content