Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022

BPBD Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022 pada Hari Selasa, 23 Maret 2021 di Ruang Rapat Gd. A Lt. IV BPBD Prov. Jateng Jl. Imam Bonjol No. 1 F Semarang dan dibuka oleh Plt. Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah Bapak Ir. Safrudin, M.Si.

Maksud dan Tujuan pada Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022 adalah :

  1. Maksud dilaksanakannya Forum PD Renja adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, kegiatan, sub kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam Rancangan Awal Renja PD Tahun 2022.
  2. Tujuan dilaksanakannya Forum PD Renja adalah :
  • Menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan yang direncanakan dalam Rancangan Renja PD, nasional, dan kabupaten/kota dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional dan daerah;
  • Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi PD dengan memperhatikan Rancangan Awal RKPD dan arahan Pemerintah Pusat;
  • Menyelaraskan program, kegiatan dan sub kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah;
  • Menyelaraskan pendanaan indikatif program, kegiatan dan sub kegiatan PD.

Narasumber dan Moderator pada Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022 adalah:

  1. Komisi E DPRD Prov. Jateng (H. Sarwono, SE);
  2. Komisi E DPRD Prov. Jateng (H. Ahmad Ridwan, SE, MM);
  3. Komisi E DPRD Prov. Jateng (H. Muh Zen ADV, S.Ag, M.Si);
  4. Pusat Studi Bencana UNNES (Andi Irwan Bernadi, M.Pd) selaku moderator.

Hal-hal substansial :

  1. Kegiatan Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022 Sekretariat BPBD Prov. Jateng diawali dengan penyampaian arahan oleh Plt. Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah (Ir. Safrudin, M.Si) sebagai berikut :
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 mengamanatkan bahwa Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2022 wajib disempurnakan mendasarkan pada Rancangan Awal RKPD Tahun 2022.
  • Mengingat saat ini RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023 dalam proses dilakukan perubahan yang simultan dengan proses Perubahan Renstra PD Tahun 2018-2023, maka penyempurnaan Rancangan Awal Renja PD Tahun 2022 untuk diselaraskan dengan rencana Perubahan Renstra PD Tahun 2018-2023.
  • Dalam Forum PD Penyusunan Renja Tahun 2022 Bidang Kebencanaan ini akan menampung dan menjaring aspirasi pemangku kepentingan PB untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, kegiatan dan sub kegiatan serta lokasi dan kelompok sasaran dalam Rancangan Renja PD bidang penanggulangan bencana.

Rangkuman Materi Narasumber

  1. Penanggulangan bencana di Jawa Tengah bukan hanya menjadi tugas dari BPBD saja, tetapi memerlukan kolaborasi pentahelix dimana pemerintah/pemerintah daerah, masyarakat (sipil) dan lembaga usaha/sektor swasta sebagai pilar pelaku PB secara bersama-sama melakukan upaya baik pada pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana, sehingga mampu meminimalisir korban baik benda maupun nyawa manusia.
  2. Peningkatan kapasitas penanganan darurat dan pemenuhan kebutuhan logistik dalam penanggulangan bencana tidak hanya untuk BPBD saja, tetapi OPD terkait juga harus meningkatkan kapasitas dalam PB untuk mendukung kinerja BPBD, dan selain itu setiap wilayah harus mampu berswasembada dan menggunakan pola pelayanan kewilayahan (regional) saat darurat bencana.
  3. Dalam kebijakan pembangunan perlu mengakomodasi penanggulangan bencana agar kegiatan PB pada semua tahapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di bidang ekonomi, sosial, politik, keamananĀ  dan lingkungan hidup.
  4. Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana merupakan bagian penting dalam rangka memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana yang merupakan tanggungjawab pemerintah dan atau pemerintah daerah yang terkena bencana, dan jika Kab/Kota tidak memadai, maka pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi akan dilaksanakan oleh BPBD Provinisi dan atau Pemerintah Pusat.

Kesimpulan/Tindak lanjut :

Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja Tahun 2022 Sekretariat BPBD Prov. Jateng ini akan ditindaklanjuti dengan :

Merumuskan kesepakatan hasil Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja yang disusun dalam berita acara kesepakatan hasil Forum PD dan ditandatangani oleh perwakilan setiap unsur pemangku kepentingan yang menghadiri Forum PD dan dilampiri dengan :

  1. Daftar hadir peserta Forum PD;
  2. Rumusan rencana program dan kegiatan PD, beserta indikator dan target sasarannya hingga ke lokasi dan rencana pendanaan;
  3. Daftar kegiatan dukungan lintas PD, lintas wilayah, program unggulan daerah, dan dukungan terhadap prioritas/program nasional.

Berita Acara kesepakatan hasil forum ini akan menjadi bahan penyempurnaan Rancangan Awal Renja PD Tahun 2022 dan selanjutnya diserahkan ke BAPPEDA untuk dilakukan verifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Skip to content