Kebakaran di Dusun Kemiren, Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Sabtu, 29 Juli 2023, menjadi hari yang suram bagi warga Dusun Kemiren, Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Pada pukul 13:30 WIB, sebuah bencana kebakaran melanda kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di daerah tersebut. Kebakaran ini terjadi di lahan vegetasi berupa semak-semak yang kering, dan sayangnya, hingga saat itu sebab pasti kebakaran belum diketahui.

Diketahui, daerah tersebut merupakan bagian dari kawasan hutan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Merapi, yang notabene memiliki ekosistem kaya dan rawan kebakaran. Luasan lahan yang terbakar masih dalam perhitungan, namun kerugian akibat kebakaran lahan vegetasi ini menjadi keprihatinan bagi masyarakat setempat.

Menyikapi kondisi darurat tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang langsung merespons cepat. Tim dari BPBD bersama dengan pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan assessment terhadap kondisi kebakaran dan mengkoordinasikan upaya penanganan darurat.

Selain itu, BPBD juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil) Srumbung untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut dalam penanganan kebakaran ini. Dengan kolaborasi tim gabungan, upaya pemadaman api dilakukan tanpa henti hingga pukul 18:30 WIB api bisa dipadamkan.

Dalam situasi darurat seperti ini, koordinasi dan kerjasama antarinstansi sangatlah penting untuk meminimalisir kerugian lebih lanjut. Tim gabungan BPBD, TNGM, Polsek, dan Koramil Srumbung berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan api dan mengendalikan perambahan api ke area lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Skip to content