Kegiatan Gladi Lapang EWS Gerakan Tanah Longsor di Kab. Pemalang

BPBD Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Kegiatan Gladi Lapang EWS Gerakan Tanah Longsor di Kab. Pemalang, Kegiatan dimaksud dilaksanakan pada tanggal 29 September 2021 di Desa Majakerta, Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang. Kegiatan dilaksanakan bersama BPBD kabupaten Pemalang, tim pelaksana lapangan CV. Greenterra Mapindo (Yogyakarta) selaku penyedia alat EWS, Kepala Desa Majakerta, Tim Siaga Bencana Desa Majakerta, dan warga terdampak gerakan tanah longsor di Desa Majakerta.

Kegiatan Gladi Lapang EWS Gerakan Tanah Longsor telah dilaksanakan sesuai dengan konsep skenario gladi serta tugas dan fungsi masing-masing diantaranya adanya Ketua Tim Siaga, Ketua dan Anggota Bidang 1 (Data dan Informasi), Bidang 2 (Evakuasi), Bidang 3 (Keamanan), Bidang 4 (Logistik dan Perlengkapan), dan Bidang 5 (P3K-Kesehatan), dan Warga Desa Majakerta terdampak ancaman longsor;

Pengurangan risiko bencana harus dilakukan oleh secara mandiri dan rutin oleh masyarakat sekitar khususnya setelah terlaksananya Kegiatan Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Gerakan Tanah Longsor agar masyarakat dapat menerapkan rencana kesiapsiagaan di lingkungan tempat tinggalnya.

Pengetahuan dasar dan keterampilan masyarakat dalam menyelamatkan diri beserta asetnya sangat penting, terutama untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk saat terjadi bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Skip to content